Pages

Senin, 25 April 2011

Menunggu Pernikahan Mewah Abad Ini

Inggris, Pangeran William tinggal menghitung hari. Putra sulung Pangeran Charles dan Lady Diana ini bakal melepas masa lajangnya dengan menikahi Kate Middleton, di Gereja Westminster Abbey 29 April mendatang. Di sanalah dulu, ayahanda dan ibunda pangeran juga berjanji menjalin ikatan suci mereka tahun 1981.
Persiapan pernikahan pasangan ini sudah terlihat, makin megah dan gemerlap. Pernikahan paling dibicarakan pada abad ini. Bahkan, pihak Guinness World Records pun sudah memprediksi pasangan ini akan memecahkan lima rekor dunia untuk kategori pernikahan. Mereka memperkirakan, pernikahan ini bakal disaksikan penonton terbanyak.
Sekitar 750 juta orang di 74 negara berbeda diperkirakan akan menyaksikan siaran langsung pernikahan mewah ini. Kedua pasangan dimabuk asmara ini, merupakan pasangan paling dicari.
Dikabarkan bakal ada kue pernikahan terbesar. Ya, pastilah, dengan jumlah undangan yang begitu banyak, William dan Kate pasti membutuhkan kue pernikahan yang jauh lebih besar dan mewah. Bahkan potongan kue wedding fruit cake William dan Kate bertingkat itu sangat mahal.
Sementara untuk gaun yang akan dikenakan Kate, hingga kini masih dirahasiakan. Dulu, Putri Diana memakai gaun dengan tudung kepala yang sangat panjang, 7,6 meter.

1. Kereta kerajaan

Menurut rencana prosesi pernikahan dimulai pukul 11.00 waktu setempat, melibatkan tiga pendeta. Ketua gereja Westminster akan memimpin upacara, Uskup Agung Canterbury memimpin sumpah pernikahan, dan Uskup London akan menyampaikan pidato.
Pasangan Pangeran William dan Kate Middleton kemudian akan diarak dengan kereta kencana kerajaan. Kereta yang sama juga pernah mengarak pernikahan Ratu Elizabeth sendiri serta pernikahan Pangeran Charles-Lady Diana. Kuda penarik kereta pun sudah dipersiapkan.
Kereta yang bobotnya hampir satu ton itu, awalnya didesain sebagai kereta sherif kota setempat saat dibuat oleh Peters dan Sons tahun 1881. Kereta itu diambil menjadi kereta kerajaan saat dibeli untuk upacara pemahkotaan Raja George V pada 1911.
Kereta State Laudau dibuat oleh Hoopers untuk pemahkotaan Raja Edward VII. Tanggung jawab untuk penggunaan kereta-kereta tersebut berada di tangan Oates yang mengaku ‘gelisah’ menunggu hari bersejarah tersebut.
Kabarnya lagi pernikahan tersebut akan diselenggarakan dengan konsep sangat mewah dan menelan biaya hingga ratusan miliar. Disiarkan dengan teknologi 3D.
Menurut juru bicara kerajaan, Presiden Amerika Serikat Barrack Obama akan menjadi salah satu tamu yang diundang, termasuk David dan Victoria Beckham plus Sir Paul McCartney. Nama-nama tersebut sudah terdaftar sebagai calon tamu kalangan atas. Sedangkan Elton John dikabarkan akan menyanyi di acara pernikahan tersebut.
Banyak orang berharap ketika pernikahan terjadi hujan sehingga dapat menyaksikan kereta Diana yang terkenal. Kereta Glass Coach yang membawa ibu William pada pernikahannya 1981 hanya akan digunakan pada acara yang berlangsung saat hujan. Sementara kereta kerajaan State Landau tanpa atap buatan 1902 digunakan bila cuaca cerah.
Mempelai perempuan Inggris disertai sekelompok pengiring pengantin, yang biasanya terdiri atas gadis mungil berusia 10 sampai 12 tahun. Ratu Elizabeth dulu memiliki delapan pengiring pengantin, sedangkan Diana memiliki lima pengiring berusia 5-7 tahun.
Dalam acara eksklusif pernikahan kerajaan ini, daftar tamu adalah segalanya. Sesama bangsawan, para pemimpin asing, pejabat gereja, diplomat, serta keluarga dan teman-teman pasangan pengantin termasuk dalam daftar tamu yang diundang.
Pengaturan tempat duduk pun tidak boleh sembarangan. Keluarga kerajaan duduk di sisi kanan gereja, kecuali jika pengantin prianya bukan anggota keluarga kerajaan. Jika sebaliknya, maka mereka duduk di sebelah kiri.
Undangan disebar 1.900 lembar. Diharapkan para tamu mengenakan seragam militer, morning dress, atau lounge suit. Sedangkan busana tamu perempuan tidak diuraikan secara spesifik. Tapi, mengenakan topi adalah suatu keharusan.

2. Sosok Kate

Kate Middleton bukan dari kalangan berdarah biru. Perempuan 28 tahun ini datang dari kalangan biasa, keluarga kelas menengah. Ayahnya, Michael, seorang pengusaha, sedangkan ibunya, Carole, mantan pramugari.
Tidak seperti Putri Diana yang dikenal lembut dan polos, Kate adalah tipikal perempuan Inggris modern yang cool dan cerdas.
Di sekolah, Kate dikenal aktif. Ia sangat sporty, menguasai olahraga renang, netball, hoki, tenis, basket, dan bulutangkis, dan mencetak rekor di sekolahnya untuk lompat tinggi.
Meskipun Kate dan William sudah saling mengenal sejak 2001, ketika kuliah di St Andrews University, sosok Kate pertama kali menarik perhatian Sang Pangeran ketika tampil dalam fashion show untuk amal di kampusnya.Mereka tak langsung berkencan. Saat itu Kate masih berpacaran dengan pria lain, Rupert Flinch. Sedangkan William dekat dengan Jecca Craig. Tak diketahui secara pasti kapan William jadian dengan Kate.
Namun, kisah cinta mereka terungkap ketika mereka bermain ski bersama di Klosters, Swiss, Maret 2004.
Kate tetap membawa gaya kelas menengahnya yang klasik selama kuliah di St Andrews. Ia hampir tidak berubah meskipun menghadapi dunia baru yang diperkenalkan William padanya. Teman-teman William menjadi teman-temannya juga, dan keluarga kerajaan pun menyambutnya dengan hangat.
Mereka berdua saling mengunjungi orangtua masing-masing. Bahkan, Kate juga mendampingi William dalam berbagai acara pernikahan keluarga kerajaan.
Kate juga tak mengandalkan kedekatannya dengan William untuk meniti kariernya. Mungkin itu sebabnya, kariernya pun tak begitu cemerlang. Ia sempat bekerja sebagai buyer untuk jaringan toko Jigsaw, yang dimiliki oleh teman-teman keluarganya.
Belum lama ini ia juga bertindak sebagai fotografer Party Pieces. Tugasnya, memotret produk untuk ditayangkan dalam situs perusahaan tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar